Tata Niaga

KEPALA JURUSAN TATA NIAGA SMK DHARMA BHAKTI 4 KOTA JAMBI

Lisa Susanti, S.Pd

VISI PROGRAM KEAHLIAN TATA NIAGA

Menjadi Pogram keahlian yang menghasilkan lulusan Tata Niaga yang berakhlak mulia, terampil, mandiri, unggul dan kompeten dibidangnya.

MISI PROGRAM KEAHLIAN TATA NIAGA

  1. Memantapkan Karakter peserta didik Tata Niaga menuju perilaku yang berakhlak mulia
  2. Melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar yang efektif dan efisien
  3. Menjadikan peserta didik kompeten dalam mengoperasikan peralatan transaksi
  4. Menjadikan peserta didik kompeten dalam menerapkan pemasaran ritel dan pemasaran langsung
  5. Menjadikan peserta didik kompeten sebagai staf pemasaran dan pramuniaga yang handal
  6. Menyiapkan peserta didik Tata Niaga yang mampu berwirausaha
  7. Meningkatkan kompetensi peserta didik dengan pelatihan-pelatihan dan keikutsertaan dalam berbagai lomba

 

TUJUAN PROGRAM KEAHLIAN TATA NIAGA

  1. Menyiapkan peserta didik yang memiliki sikap jujur, disiplin, akuntabel, mampu bekerja sama, dan berjiwa religius;
  2. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan Tata Niaga, teknologi dan seni, agar    mampu  mengembangkan diri di kemudian hari baik secara mandiri  maupun      melalui    jenjang  pendidikan yang lebih tinggi;
  3. Menyiapkan peserta didik agar  mampu   memilih   karier,   ulet   dan   gigih     dalam   dalam berkompetisi, beradaptasi  di lingkungan kerja,  dan   mengembangkan    sikap  profesional dalam bidang   keahlian  Tata Niaga;
  4. Menyiapkan peserta didik agar menjadi  manusia produktif dan mampu berwirausaha serta mampu bekerja di dunia usaha dan industri sebagai kasir maupun staf pemasaran.

Kompetensi Kejuruan Pemasaran:

1. Melakukan konfirmasi keputusan pelanggan
2. Melakukan proses administrasi transaksi
3. Melakukan penyerahan/pengiriman produk
4. Menyiapkan dan mengoperasikan peralatan transaksi di lokasi penjualan
5. Menagih pembayaran/ hasil penjualan
6. Menata produk
7. Melakukan negosiasi
8. Berwira usaha